Senin, 06 April 2009

ASKES...

Judulnya emang sengaja dibikin singkat banget karena emang itu yang jadi topik utama pembicaraan saya dan keluarga siang ini...
Seperti hari – hari lainnya, setiap istirahat siang saya emang selalu pulang buat kasi ASI ke syauqi, lagian jarak rumah – kantor emang deket bgt.
Kebetulan siang ini, saya dijemput sama Bastian, my brother yg emang lg spend his time di lampung. Siang ini, Bastian dapet tugas buat anterin Bapak saya ke Rumah sakit. Memang udah beberapa lama ini, si Bapak batuk gak sembuh – sembuh, walaupun sudah berkali – kali ke dokter. Jadi, singkatnya Bapak berniat buat check up total kesehatannya di rumah sakit..
Sebagai seorang pensiunan PNS (yang katanya tiap bulan gajinya dipotong 30.000 untuk ASKES alias HI-health insurance) bapak berniat untuk menggunakan fasilitas ASKES nya..
Sebelum tinggal di lampung bersama saya&syauqi, orang tua saya tinggal (baca : bekerja & pensiun ) di Kendal (jawa tengah) dan menurut info yang saya dapat, ASKES ini bisa dipake di manaaa aja ( asal di RSU / RSUD)..meskipun sebelumnya harus minta rujukan dulu dari puskesmas..
Makanya, hari ini bapak sengaja dateng pagi - pagi untuk ngurus ASKES ini..
Karena gak tau kantor ASKES bandar lampung dimana, jadi bapak langsung aja ke RSUD.
sampai disana, di depan pintu masuk, bapak langsung tanya ke satpam loket untuk mengurus pengobatan peserta ASKES..dan pak satpam bilang, di loket nomer 7 pak...
sementara si bapak duduk, bastian yg ambil alih -ngantri di loket-,,..
....................aslingantribeneran.....

oia, Fyi. disini (gak tau kalo di tempat lain) antrian peserta ASKES jadi satu dengan antrian GAKIN. jadi mungkin bisa dibayangkan seperti apa ramenya..

bukannya saya keberatan kalo berdekatan dengan mereka yang kurang mampu... tapi kok ya rasanya kurang pas ya??

pas tiba giliran bastian di antrian terdepan loket, petugas loket (PL) langsung nanya, "bisa dibantu pak?"
Bastian (Bst) : "mau ngurus ASKES Bapak say.....(asli ngomongnya belon kelar...)
PL : oooooooooooooo di loket nomer 8 pak...

dziiziiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiingggggggggggggg....

udah ngantri panjaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang..gak taunya salah...hmmmm..PAK SATPAM, anda sebagai GARDA DEPAN, harus nya tau yahh..

ok!!And then, Bastian move to loket nomer 8..
.....ngantringantringantringantringantri....
yah, sampe juga...begitu sampe gilirannya bapak saya langsung jalan mendekat ke arah loket (berharap bisa bantuin bastian kalo kalo ada data - data yang kurang)..
PL : ya pak..
Bst : Ibu, saya mau ngurus ASKES bapak saya, kebetulan kami sebelumnya tinggal di kendal, skarang memang lagi ada keperluan di lampung dan bapak saya sakit jadi perlu pengobatan lebih lanjut dengan menggunakan ASKES...
PL : catet ya..her name is ibu SRI...
ooo gak bisa langsung pak, harus minta rujukan dulu dari puskesmas..
Bst : Puskesmas dimana ya bu? kami belum tau banyak tentang bandar lampung..\
SRI : puskesmas pahoman ya di daerah pahoman jalan susilop..tanya tanya aja sebelah sana..
Bst : jadi ini kami ke puskesmas dulu bu?
SRI : gak usah, untuk kali ini saya mau buatkan surat rujukan dari klinik terdekat..tapi lain kali saya gak akan buatkan lagi ya?harus dari puskesmas.

Ujug ujug bapak saya datang, mungkin mencoba membantu memberi data" yang mgkin diperlukan untuk bikin surat rujukan...

Bpk : ini saya ada foto copy ASKES...
SRI : gak perlu pak
Bpk : foto copy KTP bu?
SRI : SAYA GAK PERLU APA APA PAK...(membentak!!!)

wahai ibu SRI, saya tau mungkin ibu capek karena harus melayani berbagai macam manusia dengan segala permasalahannya..tapi perlu ibu ketahui,..itu kan udah tanggung jawab ibu..
you were paid for that!!!anda dibayar oleh negara untuk melayani kami...
jadi tolong..harusnya ibu bisa ikhlas...

Setelah nerima surat rujukan, bapak saya harus minta cap rujukan itu ke klinik yang ada di "deket" (500 meter) RS..
setelah dapet surat rujukan, bapak saya balik lagi ke RS untuk menjalani pemeriksaan & foto rontgen..

guess what?bapak saya kembali harus antri tanpa tempat duduk...

Bst : kok pelayanannya kaya diputer puterin sih pak?
Bpk : Yo wes memang ngene iki..(memang sperti ini lah)..
Bst : Bapak dipungut biaya gak?
Bpk: Yo nggak, ini gratis semuanya...

ooooo Jadi,
- kalo ini gratis, jadi boleh semena - mena gitu sama pasien??
- menurut saya, ini gak gratis..gaji bapak saya semasa aktif bekerja dipotong untuk membiayai ini..

Bst : brarti ntar periksanya, rontgennya juga grtis?
Bpk : iyo
Bst : sama dokter spesialis???
Bpk : he eh, mulane gak usah kebanyakan komplen, ntar malah gak dilayani..
Bst :...ooohhhhh...

akhirnya, sampe juga giliran bapak saya buat diperiksa..
ruang periksanya cuman 1 ruangan besar, yang disekat pake triplek dan dipake untuk praktek 3 dokter. Tiba" ada petugas / dokter muda yang dateng nyamperin bapak dan bilang, "Pak, dokter spesialisnya tidak ada ditempat jadi nanti bapak sama asistennya...

ckckckckckckckkckck....

see, even the doctor is not there...Asisten itu cuma nanyak" bapak saya ajah..apa yang dirasain..dan rontgen..bahkan dia gak ngeluarin stetoskop & bapak saya juga gak di tensi (alat yang umum dan biasa kita liyat dipake sama dokter - dokter)

hmmmmm..
Bapak saya, Pensiunan PNS golongan IV dengan masa kerja puluhan tahun...
mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan saat meminta hak nya. Hak untuk mendapatkan perawatan kesehatan sesuai dengan ketentuan yang ada..
Saya hanya berpikir, kalo Bapak saya saja mendapat perlakuan seperti ini, lantas bagaimana dengan saudara" kita yang kurang mampu???

ada yang mau share tentang pelayanan ASKES??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar